Monday, June 6, 2022

EAS RK A

 


  1. Deskripsikan Kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi pemesanan gedung acara. (Mandiri - Waktu pengerjaan hingga hari Selasa 07 Juni 2022 pukul 10.00)
  2. Gambarkan dan beri penjelasan model RML nya (Requirement Modelling Language)
  3. Buatlah SKPL dengan mengacu RML yang telah dibuat.
  4. Siapkan video presentasi / demo, kemudian upload di youtube dan embedded di blog.

Kebutuhan Fungsional

No

Kebutuhan Fungsional

1

Admin dapat memasukkan data mengenai gedung acara beserta harga, spesifikasi, gambar atau video, tanggal tersedianya gedung, serta data lainnya.

2

Admin dapat menambahkan pengaturan sistem

3

Admin berhak mengatur, mengelola, dan melakukan proses add, insert, update, dan delete keseluruhan data yang ditampilkan ke user

4

Customer dapat memasukkan data customer

5

Customer dapat mengakses sistem dan melakukan pengisian data pribadi

6

Customer dapat melakukan proses pemesanan gedung setelah melakukan login

7

Sistem dapat menampilkan halaman kategori, data gedung, gambar gedung, dan data lainnya.

8

Sistem dapat menampilkan informasi tentang data customer

9

Sistem dapat menampilkan data pesanan gedung customer

10

Sistem melakukan proses login untuk akses admin pada website.

11

Sistem melakukan logout untuk keamanan data customer setelah menggunakan website.

12

Sistem memungkinkan admin untuk melakukan update data secara keseluruhan.

13

Sistem dapat mendukung penyimpanan data dengan menggunakan database agar data dapat tersimpan dengan baik, sehingga akan menghilangkan kemungkinan terjadinya redudansi, kerusakan, dan kehilangan data serta informasi yang dihasilkan lebih akurat.

14

Sistem dapat melakukan proses data order yang dilakukan oleh customer.

15

Sistem memungkinkan konsumen melakukan transaksi pemesanan gedung acara setiap saat dan dimana saja, karena sistem dapat diakses 24 jam sehari dengan syarat tersambung dengan internet.

16

Sistem mampu melakukan pencarian gedung.

17

Sistem memberikan keamanan untuk akses admin dengan adanya username dan password yang hanya dapat diakses oleh admin itu sendiri.

18

Sistem memberikan keamanan untuk akses customer dengan adanya username dan password yang hanya dapat diakses oleh customer itu sendiri.



Kebutuhan Non-Fungsional

Parameter

Kebutuhan Non Fungsional

Operational

Sistem dapat dijalankan oleh beberapa software  web browser diantaranya Internet Explorer, Google Chrome dan Mozilla Firefox. Sistem juga harus responsif, sehingga tetap nyaman digunakan pada handphone.

Sistem memiliki tampilan (antar muka) yang mudah dipahami.

Performance

Proses First Contentful Paint (waktu website loading pertama kali) harus dilakukan tidak lebih dari 3 detik, sesuai dengan rekomendasi Google.
Interaksi per halaman tidak lebih dari 400ms, sesuai dengan aturan Doherty Threshold untuk membuat website terasa cepat.
Sistem harus bisa berjalan 24 jam per hari, dan setahun penuh, tanpa adanya down.

Sistem harus bisa menahan load dan memiliki bandwidth 500Mbps ketika ada banyak user yang menggunakan website untuk memesan gedung acara.

Security

Sistem harus memiliki sistem pembayaran yang aman.
Data pengguna harus mampu dilindungi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sistem harus dapat terlindungi dari segala virus, worms, Trojan horses, dan sebagainya.

Cultural and Political

Sistem harus dapat diakses oleh berbagai negara dan melayani payment dengan mata uang selain Rupiah.

Sistem harus memiliki regulasi tentang pengolahan data, mengikuti Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU 19/2016”).

Rekaman Video

EAS PBKK A - BWP

Nama Anggota Kelompok :

  • Andymas Narendra B - 05111940000192
  • Refaldyka Galuh P - 05111940000209




Soal

1. Konsep dan deskripsi yang mendata gedung yang bisa digunakan untuk acara/ event dan memberikan penawaran kepada Event Organizer.

Jawaban :

 Dalam sistem ini, terdapat 3 kategori user yaitu admin, pemesan venue, dan penyedia venue. Berikut ini adalah daftar kebutuhan dari ketiga user tersebut:

  • Pemesan Venue:
    1. Mendaftar akun pemesan
    2. Melakukan edit pada data akun pemesan
    3. Melihat rekomendasi tempat acara yang sesuai
    4. Melihat promo yang diberikan admin atau penyedia venue
    5. Melihat foto dan deskripsi venue
    6. Membuat review venue
    7. Melihat review venue
    8. Melakukan pemesanan venue
    9. Melakukan pembayaran atas penyewaan venue
    10. Melakukan pelaporan atas penyedia venue yang terindikasi melanggar ketentuan
  • Penyedia Venue:
    1. Mendaftar akun vendor
    2. Melakukan edit pada data akun vendor
    3. Membuat penawaran venue
    4. Mengunggah gambar venue
    5. Menambah deskripsi venue
    6. Membuat promo venue
    7. Melihat review venue
    8. Melihat pemesanan venue dari pemesan
    9. Menerima pembayaran dari penyewaan venue
    10. Melihat data penyewaan total dari satu venue dan semua venue yang ditawarkan
  • Admin
    1. Melakukan blokir akun pada akun yang melanggar persyaratan
    2. menghapus review yang berkualitas rendah
    3. Menghapus venue abal-abal
    4. Memberi peringatan pada akun yang melanggar persyaratan pertama kali
    5. Membuat promo venue
Sedangkan untuk kebutuhan yang menunjang kebutuhan utama adalah:
  1. Sistem memiliki kecepatan respon 0.1 detik per kueri
  2. Sistem memiliki database yang aman sehingga dibutuhkan waktu 20 tahun bagi peretas untuk meretas database
  3. Sistem berjalan minimal 20 jam per hari
Sistem ini akan memiliki 8 halaman bagi pemesan, yaitu:
  1. Halaman utama
  2. halaman login
  3. halaman detail venue
  4. halaman pemesanan venue
  5. halaman konfirmasi pembayaran
  6. halaman profil
  7. halaman review
  8. halaman histori transaksi
Sedangkan untuk penyedia venue akan memiliki 7 halaman, yaitu:
  1. Halaman utama
  2. halaman login
  3. halaman profil
  4. halaman data penyewaan venue
  5. halaman grafik pemesanan dan pendapatan
  6. halaman penambahan venue
  7. halaman venue yang ditawarkan
Untuk pengguna admin akan meiliki 6 halaman, yaitu:
  1. Halaman Login
  2. Halaman Data akun
  3. Halaman data pemesanan
  4. Halaman data laporan pemesan
  5. Halaman data penambahan promo
  6. Halaman total transaksi dan keuntungan
Beberapa fitur tambahan yang akan ditambahkan adalah:
  1. Integrasi dengan Google Maps untuk mengetahui letak venue
  2. Integrasi dengan beberapa saluran pembayaran untuk melakukan dan menerima pembayaran
2. Implementasikan dengan menggunakan Framework sistem informasinya. Framework yang digunakan bisa NET, CI, Laravel, atau Google Apps  (bisa dikerjakan berkelompok maksimal 4)

Jawaban :

Kami membuat sebuah website dan admin panel untuk reservasi tempat nikah yang berjudulkan BWP. Disini kita memakai MongoDB untuk databasenya dan CLOUDINARY untuk penyimpanan gambar.

Video Demo

Jika ingin mencoba admin panel kalian dapat login/masuk dengan login info sebagai berikut.
Email : admin@gmail.com
Password : admin123


SourceCode dapat diakses di:
Link FrontEnd-Store : Click Me!
Link FrontEnd-Panel : Click Me!
Link BackEnd : Click Me!

Saturday, June 4, 2022

Tugas 7 RK A - Business Objectives Model & Feature Tree dari Vira BCA

Nama Anggota Kelompok :

  • Adrian Danindra - 05111840000068
  • Andymas Narendra B - 05111940000192
  • Refaldyka Galuh P - 05111940000209


VIRA mempermudah nasabah bank BCA untuk mengakses layanan perbankan mereka. Kemudahan ini hadir dalam bentuk chatbot pintar. Chatbot pintar ini dibuat menggunakan AI. Nasabah bank BCA yang ingin mengakses akun banking mereka di BCA cukup mengobrol dengan VIRA. VIRA jadi layaknyateman yang bisa diandalkan saat kamu butuh informasi mengenai akun bankingmu. Adapun menggunakan VIRA ialah:

  • Akurat: Mendapatkan semua informasi perbankan secara akurat

  • Mudah: Melakukan transaksi perbankan hanya melalui chat

  • Aman: Mendapatkan kode OTP untuk kenyamanan transaksi perbankan


Layanan Utama Vira adalah sebagai berikut:

  1. Info dan Promo

  • Promo

  • Lokasi ATM & Cabang

  • Info Kurs

  • Daftar Kartu Kredit

  1. Layanan Perbankan

  • Cek Saldo & Mutasi

  • Info Kartu Kredit (cek sisa limit, tagihan, dan transaksi kartu kredit)

  • Administrasi




Business Objectives Model
Feature Tree


Tugas 5 - BRD Aplikasi Uber

 Nama Anggota Kelompok :

  • Adrian Danindra - 05111840000068
  • Andymas Narendra B - 05111940000192
  • Refaldyka Galuh P - 05111940000209


Berikut ini adalah BRD dari aplikasi Uber.

Tugas 6 RK A - Analisis Detail Spesifikasi MokaPOS

Deskripsi Aplikasi

MokaPOS merupakan aplikasi yang berbasis sistem Point of Sale berbasis cloud yang menggabungkan perangkat lunak dan perangkat keras yang membentuk suatu sistem dengan tujuan untuk membantu pengembangan usaha kecil dan menengah. Sesuai dengan namanya, untuk mendukung jalannya sistem ini, tentunya diperlukan hardware misalnya seperti laptop, PC, tablet, ataupun lainnya. Dengan adanya MokaPOS juga memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan beberapa hal seperti transaksi penjualan yang dapat diperbarui secara real time. MokaPOS juga memfasilitasi apabila pelaku usaha ingin menghubungkan usaha dengan metode pembayaran elektronik seperti OVO, Gopay, ShopeePay, DANA, dan lain-lain. 



Spesifikasi Kebutuhan

Berikut merupakan spesifikasi kebutuhan untuk aplikasi POS.


  • Spesifikasi Fungsional

  • Sistem menyediakan fitur bagi penjual untuk dapat melakukan registrasi

  • Sistem menyediakan fitur bagi penjual untuk dapat melakukan login

  • Sistem menyediakan menu untuk memilih jenis usaha yang dimiliki oleh pengguna

  • Sistem dapat menampilkan item favorite berdasarkan jenis usaha yang dimiliki

  • Sistem dapat menampilkan list semua item pada menu library

  • Sistem memungkinkan kasir untuk melakukan manajemen diskon

  • Sistem menyediakan menu custom amount untuk menghitung harga apabila terdapat produk yang belum tersedia pada menu library

  • Sistem dapat melakukan manajemen shift

  • Sistem menyediakan form apabila kasir akan menambahkan produk pada bill 

  • Sistem dapat melakukan manajemen customer

  • Sistem menyediakan pilihan metode pembayaran, baik dengan tunai, debit card atau e-wallet

  • Sistem dapat mencetak receipt transaksi

  • Sistem dapat menampilkan history pembayaran customer

  • Sistem dapat menampilkan laporan aktivitas shift kasir

  • Sistem dapat mencetak summary shift report apabila transaksi telah selesai


  • Spesifikasi Non Fungsional

  • Sistem dapat diakses melalui browser ataupun melalui aplikasi

  • Sistem dapat berjalan dengan baik pada semua jenis sistem operasi

  • Sistem dapat menjaga data pribadi user

  • Sistem dapat diakses kapan pun

  • Sistem dapat diakses dengan kecepatan tinggi

  • Sistem dapat menangani request user secara bersamaan



Tugas 3 RK A - Requirement Elicitation

 Nama Anggota Kelompok:

  • Refaldyka Galuh P                     05111940000209
  • Andymas Narendra B               05111940000088
  • Adrian Danindra                        05111840000068

Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna system dan pihak lain yangmemiliki kepentingan lain dalam pengembangan sistem


Elisitasi kebutuhan bertujuan untuk:

 

  • Mengetahui masalah apa saja yang perlu dipecahkan dan mengenali batasan-batasan system.

  • Mengenali siapa saja para pemangku kepentingan.

  • Mengenali tujuan dan batasan dari sistem sehingga mencapai sasaran yang harus dicapai. 


Untuk lebih detail, berikut adalah langkah yang perlu diambil dalam proses elisitasi kebutuhan pada 

kasus toko online:

 

A. Stakeholder

 

  • Pemilik Toko

Pemilik toko memerlukan alat dan informasi untuk membantu pengelolaan tokonya. 

Ini termasuk produk mana yang lebih banyak terjual, strategi marketing apa yang disukai

 pelanggan, dan apakah ada produk yang menyebabkan kerugian. 

 

  • Pegawai Toko

Pegawai toko menggunakan aplikasi untuk mengurus kegiatan ditoko sehari-hari baik itu

penjualan, pengiriman barang, lalu juga untuk mengurus inventori toko dan bisa juga 

tugas-tugas yang diberi oleh pemilik toko untuk mengumpulkan informasi penting untuk

toko.

 

  • Masyarakat Umum / Pembeli

Masyarakat umum menggunakan aplikasi untuk pertama memasuki aplikasi untuk 

mencari di toko apakah ada barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka, untuk ini 

mereka bisa mencari nya dengan harga, kategori, ataupun nama barang. Setelah mereka 

memutuskan untuk membeli maka mereka bisa menggunakan aplikasi untuk melihat harga

lalu memastikan cara pembayaran dan akhirnya melihat apakah barang mereka sudah 

sampai atau tidak.

 

  • Tim pengembang aplikasi

Tim pengembang dari aplikasi bertanggung jawab untuk menciptakan perangkat lunak 

serta melakukan maintenance kedepannya. Tim ini biasanya terdiri dari beberapa posisi 

seperti :

 

  1. Project Manager

  2. Quality Assurance

  3. Front End Developer

  4. Back End Developer

  5. Database Engineer

 

 

 

B. List Pertanyaan


    • Sistem seperti apa yang diinginkan ?

    • Kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan di dalam Aplikasi tersebut ?

    • Apa kesulitan yang anda alami pada proses tersebut ?

    • Upaya  yang sudah dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ?

    • Apakah anda sudah mencari alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan 

      tersebut ?

    • Fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan ?

    • Kapan ingin bisa dipakai?

    • Bagaimana proses bisnis dari aplikasi ini ?

    • Siapa yang akan menggunakan fitur aplikasi ini?

       

C. Kebutuhan

 

    • Fungsional

  • Customer chat/support

  • Display Barang/produk

  • Display harga

  • Keranjang / Shopping Cart

  • Non Fungsional

  • Aplikasi tidak mengalami crash

  • Aplikasi dapat digunakan kapanpun

  • Aplikasi dapat berjalan dengan cepat

  • Aplikasi menggunakan bahasa yang mudah dipahami

  • pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan mudah dan nyaman.

     

D. Spesifikasi Sistem

 

 

 

    • Sistem operasi    : Windows

    • Framework : Windows Forms App .NET Framework

    • Programming Language : C#

    • Scripting Language : MySQL

    • SQL Server : Microsoft SQL Server

    • DBMS : SQLite